teori motivasi terhadap diri sendiri

Sabtu, 26 Desember 2009

motivasi dapat diartikan sebagai faktor pendorong yang berasal dari dalam diri manusia, yang akan mempengaruhi cara bertindak seseorang atau kekuatan (energi) seseorang yang dapat menimbulkan tingkat persistensi dan entusiasmenya dalam melaksanakan suatu kegiatan, baik yang bersumber dari dalam diri manusia itu sendiri (motivasi instrinsik) maupun dari luar individu (motivasi ekstrinsik).

dibawah ini merupakan beberapa teori yang terjadi didalam kehidupan manusia :
1. teori abraham H moslow (teori kebutuhan)
teori motivasi yang dikembangkan oleh abraham H moslow pada intinya berkisar pada pendapat bahwa manusia memiliki lima tingkat atau hirarki kebutuhan, yaitu : (1) kebutuhan fisiologikal (physiological needs) seperti rasa lapar dan haus (2)kebutuhan rasa aman (safety needs) (3)kebutuhan akan kasih sayang (love needs) (4)kebutuhan akan harga diri (esteem needs) (5) aktualisasi diri ( self actualization)

2. teori mcClelland (teori kebutuhan berprestasi)
dari mcClelland dikenal tenteng teori kebutuhan untuk mencapai prestasi atau need for acievement(N.Ach) yang menyatakan bahwa motivasi berbeda-beda sesuai dengan kekuatan kebutuhan seseorang akan prestasi.

3. teori clyton alderfer (teori "ERG")
teori alderfer dikenal dengan akronim "ERG". akronim "ERG" dalam teori alderfer merupakan hurf-huruf pertama dari tiga istilah yaitu : E = Existence (kebutuhan akan eksistensi), R = Relatedness (kebutuhan untuk berhubungan dengan pihak lain, dan G = Growth (kebutuhan kan pertumbuhan).

4. teori herzberg (teori dua faktor)
teori yang dikembangkannya dikenal dengan "model dua faktor" dari motivasi yaitu faktor motivasional dan faktor hygiene/pemeliharaan.

5. teori keadilan
inti teori ini terletak pada pandangan bahwa manusia terdorong untuk menghilangkan esenjangan antara usaha yang dibuat bagi kepentingan organisasi dengan imbalam yang diterima.

6. teori penetapan tujuan (goal setting theory)
Edwin locke mengemukakan bahwa dalam penetapan tujuan memiliki empat macam mekanisme motivasional yaitu : (1) tujuan mengarahkan perhatian (2) tujuan mengatur upaya (3) tujuan meninkatkan presistensi (4) tujuan menujang strategi dan rencana kegiatan.

7. teori victor H vroom (teori harapan)
menurut teori ini motivasi merupakan akibat suatu hasil dari yang ingun dicapai oleh seseorang dan perkiraan yang bersangkutan bahwa tindakannya akan mengarah kepada hasil yang diinginkannya itu.

8. teori penguatan dan modifikasi perilaku
9. teori kaitan imbalam dengan prestasi

0 komentar: