konflik didalam organisasi

Senin, 23 November 2009

kehidupan sosial yang kita jalani selama ini tentu dengan berbagai macam konflik didalamnya. itulah yang dinamakan dengan kehidupan sosial.di dalam bermasyarakat ataupun berorganisasi pasti akan terjadi konflik. konflik yang terjadi bisa saja berupa konflik negatif ataupun positif. ada konflik yang memberikan nilai manfaat pada kinerja suatu organisasi atau bahkan ada konflik yang bisa menghancurkan keutuhan organisasi. itu semua tergantung kepada pihak-pihak yang terkait didalam organisasi dalam menghadapi konflik yang terjadi.
pada umunya dimana terjadi suatu konflik pasti akan mencari solusi untuk mengatasi konflik tersebut. tetapi sebelum solusi itu diambil biasanya keputusan yang akan diambil terlebih dahulu untuk memecahkan konflik tersebut.
untuk memecahkan suatu konflik yang terjadi didalam suatu organisasi biasanya melalui pihak ketiga.resolusi pihak ketiga merupakan bentuk pemecahan konflik secara organisatoris. terkadang individu atau wakil kelompok menghadapi jalan buntu dan tidak mampu menyelesaikan perbedaan mereka lewat perundingan langsung. kondisi semacam ini mengakibatkan para pihak yang bertikai untuk menggunakan pihak ketiga dalam proses penyelesaiannya. resolusi konflik pihak ketiga adalah usaha yang dilakukan oleh seseorang yang netral untuk membantu pertikaian yang terjadi,membantu menemukan suatu penyelesaian.

0 komentar: